PENGGUNAAN KARTU MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBEDAKAN JENIS-JENIS ADAPTASI

Ade Ipin Supriatin

Abstract


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu make a match yang telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam  membedakan jenis-jenis adaptasi makhluk hidup di kelas IX-G SMP Negeri 1 Rajapolah. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan pra tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses belajar terjadi peningkatan rata –rata skor 2,4 pada pra siklus  menjadi 3 pada siklus 1 atau meningkat 0,6 atau 15,92 % .Proses pembelajaran makin meningkat pada siklus 2 dengan peningkatan rata-rata skor menjadi 3,77 atau dengan kata lain meningkat 0,77 atau 19,32% .Penggunaan kartu make a match juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siawa dalam membedakan jenis-jenis adaftasi makhluk hidup, peningkatan rata-rata skor dari 67,11 pada pra tindakan menjadi 79,24 pada siklus 1 atau dengan kata lain hasil belajar siswa meningkat 12,13 atau 12,63 % .Hasil belajar siswa dalam pembelajaran makin meningkat pada siklus 2 dengan peningkatan rata-rata menjadi 85,26 atau dengan kata lain meningkat 6,02 atau 5,52%. Demikian pula siswa merespon dengan baik penggunaan kartu make a match . Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan proses pembelajaran melalui tindakan penggunaan kartu make a match pada pertemuan dan siklus ke siklus menunjukkan kemajuan dan peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I  sebesar  77,25% meningkat sebesar 16,12% menjadi 93,37% pada siklus  2.

Full Text:

Download PDF

References


Ahmadi Abu. (2004). Psikologi Belajar. Bandung : Pustaka Setia.

Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PKN.

Jakarta : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Aditama.

Hendiyat, S. (1995). Kurikulum Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Badudu, J.S. (2002), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Kasbolah. (1999). PTK. Jakarta : Depdikbud.

Muhibbin, S. (2006). Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nana, S. (1992). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nasution, S. (1986). Asas-Asas Kurikulum, Jakarta : Bumi Aksara.

Ngalim, P. (2007). Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Slameto, 2000, Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit (SKS). Jakarta : Bumi Aksara.

Susilaningsih, dkk. (2008). Habis Gelap Terbitlah Terang. Yogyakarta : Panji Mas.

Syaiful B. Djamarah. (1994). Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tabrani, R. (1989), Pendidikan Masa Kini dan Mendatang, Jakarta : Bina Mulya.

Zenal, A. (1990), Evaluasi Instruksional, Bandung : Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i2.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: