UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TENTANG MATERI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

Rahadian Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining tentang materi Pancasila sebagai dasar negara dan Pancasila sebagai ideologi negara  pada mata pelajaran PKn di Kelas VIII-A  SMP Negeri 14 Tasikmalaya.Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc.Taggart. Pertimbangan yang mendasari penelitian metode ini, karena langkah-langkah penelitian cukup sederhana, sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh peneliti. Simpulan yang diperoleh berdasarkan pembahasan hasil penelitian bahwa: Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining tentang materi Pancasila sebagai dasar negara dan Pancasila sebagai ideologi negara pada Pembelajaran PKn di Kelas VIII-A SMP Negeri  14 Tasikmalaya pada setiap siklus diperoleh data bahwa pada tindakan pertama nilai rata-rata sebesar 71,7, pada tindakan kedua sebesar 79,4. Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajaran PKn melalui model pembelajaran student facilitator and explaining, selain berpengaruh terhadap rencana dan pelaksanaan pembelajaran, juga berpengaruh terhadap peningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Pancasila sebagai dasar negara dan Pancasila sebagai ideologi negara  di kelas VIII-A SMP Negeri 14 Tasikmalaya.

Full Text:

Download PDF

References


Ahmadi Abu. (2004). Psikologi Belajar. Bandung : Pustaka Setia.

Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PKN.

Jakarta : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Aditama.

Hendiyat, S. (1995). Kurikulum Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Badudu, J.S. (2002), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Kasbolah. (1999). PTK. Jakarta : Depdikbud.

Muhibbin, S. (2006). Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nana, S. (1992). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nasution, S. (1986). Asas-Asas Kurikulum, Jakarta : Bumi Aksara.

Ngalim, P. (2007). Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Slameto, 2000, Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit (SKS). Jakarta : Bumi Aksara.

Susilaningsih, dkk. (2008). Habis Gelap Terbitlah Terang. Yogyakarta : Panji Mas.

Syaiful B. Djamarah. (1994). Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tabrani, R. (1989), Pendidikan Masa Kini dan Mendatang, Jakarta : Bina Mulya.

Zenal, A. (1990), Evaluasi Instruksional, Bandung : Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i2.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: