Kajian Literatur: Media Audio Visual Pada Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis

Yoni Sunaryo, Dwijanto Dwijanto, Scolastika Mariani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai media audio visual pada pembelajaran terhadap kemampuan berpikir matematis. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi semua artikel yang relevan dengan penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 5 artikel yang merupakan jurnal yang berasal dari Google Scholar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Penggunaan media audio visual pada pembelajaran matematika memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir matematis. Pengaruh yang dihasilkan adalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis yang diteliti. Hasil yang diperoleh ini terjadi pada penggunaan media audio dan visual yang memang betul-betul menjadi treatment ataupun menjadi alat bantu proses pembelajaran saja. Penelitian yang beragam jenisnya tetap menunjukkn hasil yang sama yakni penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis subjek penelitian.

Keywords


Media Audio dan Visual, Kemampuan Berpikir Matematis

References


Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.

Amir, M. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 159–170. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/235

Bakhril, M. S., Kartonoa, & Dewi. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(ISSN 2613-9189), 754–758. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ ISSN

Ferdianto, F. (2015). Media Audio Visual Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Ix. Euclid, 2(2), 306–314. https://doi.org/10.33603/e.v2i2.365

Hartono, Firdaus, M., & Sipriyanti. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Dalam Materi Fungsi Dengan Pendekatan Open Ended Pada Siswa Kelas Viii Mts Sirajul Ulum Pontianak. Jurnal Eksponen, 9(1), 9–20. https://www.espressif.com/sites/default/files/documentation/esp32_datasheet_en.pdf

Kusuma, R. A., & Manoy, J. T. (2022). MATHEMATICAL COMMUNICATION OF STUDENTS IN COMPLETING TVLES IN TERMS. 11(1).

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Novrianti, E., & Yusaini. (2018). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Di SMA N 3 Langsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 2(2), 65–72.

Nurjannah, S., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. I., Sari, D. D., & Heldayanti. (2019). Ekplorasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Modeling the Way Berbantuan Audio Visual Kelas IX IPS SMAN 6 BONE. … Hasil Penelitian & …, 2019, 417–422. http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/viewFile/1978/1821

Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1072

Safitri, I., & Dewi, N. I. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dikelas X Sma Muhammadiyah-10 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 3(1), 14–23.

Sarassanti, Y., & Lestari, N. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Menggunakan Media Audio Visual. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/KJPM/article/view/436

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Vera, K., & Wardani, K. W. (2018). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual pada Siswa Kelas IV SD. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 33–45.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.7952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: