LITERATURE REVIEW : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Ratna Indriani, Zaenal Abidin

Abstract


Pendidikan di dunia masih memfokuskan pada keterlibatan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Peserta didik masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami materi khususnya dalam bidang sains. Materi sains bersifat konstruktif menjadi tantangan para guru untuk menjadikan pembelajaran menarik dan mudah difahami. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memahami konsep sains adalah dengan bantuan teknologi. Apalagi di jaman sekarang baik guru maupun peserta didik harus siap dan mampu menguasai teknologi. Teknologi yang mulai berkembang di dunia pendidikan saat ini adalah Augmented Reality. Augmented Reality merupakan media pembelajaran yang efisien, menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar. Tujuan dari rivew jurnal ini adalah untuk merivew pengembangan dan penggunaan teknologi AR dalam membatu keberhasilan proses pembelajaran. Metode literature review berdasarkan metode analitik dengan memproses informasi-informasi yang terdapat dalam literatur. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk penjelasan secara mendalam. Hasil analisis menunjukkan bahwa bentuk pengembangan AR dalam dunia pendidikan lebih banyak menggunakan model marker based tracking. Hasil uji beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi AR berpengaruh positif terhadap keberhasilan pendidikan. Simpulan berupa pengembangan media Augmented Reality meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

References


Nesenbergs et.el. (2021). Use Of Augmented Reality in Remote Hogher Education: A Systematic Umberlla Review. Education Sciences.11 No.8 : 1-12.

Chen et.al. (2020). A Preliminary Study of the Influence of Game Types on the Learning Interests of Primary School Students in Digital Games. Educatin Science. 10. No. 96 : 1-12.

Ozcakir et.al. (2021). An Augmented Reality Learning Toolkit for Fostering Spatial Ability in Mathematics Lesson: Design and Development. European Journal of Science and Mathematics Education. 9. No. 4 : 145-167.

Sontay et.al. (2021). Students' Views on the Use of Augmented Reality Technology in Teaching Science. European Journal of Educational Sciences. 8. No. 1 : 1-14.

Omurtak et.al (2022). The Effect of Augmented Reality Applications in Biology Lesson on Academic Achievement and Motivation. Journal of Education in Science, Environment and Health. 8. No. 1 : 55-74.

Fatimah et. Al (2019). Development of Smart Content Model-Based Augmented Reality to Support Smart Learning. Journal of Science Learning. 2. No. 2 : 65-70.

Yildrim et. Al. (2021). Effectiveness of Augmented Reality Implementation Methods in Teaching Science to Middle School Students. International Journal of Curriculum and Instruction. 13. No. 2 : 1024-2021.

Cahyono et.al (2020). Learning Mathematical Modelling with Augmented Reality Mobile Math Trails Program: How Can It Work?. Journal on Mathematics Education. 11. No. 2 : 181-192.

Elsayed et.al (2021). Effectiveness of the Augmented Reality on Improving the Visual Thinking in Mathematics and Academic Motivation for Middle School Students. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Educatio. 17 No. 8 : 1-16.

Abdusselam et.al. (2021). evelopment and Evaluation of an Augmented Reality Microscope for Science Learning: A Design-Based Research. International Journal of Technology in Education. 4. No. 4 : 708-728.

Shiue et.al. (2019). Impact of an Augmented Reality System on Students' Learning Performance for a Health Education Course. Online Submission, International Journal of Management, Economics and Social Sciences. 8. No. 3 : 195-204.

Johnson et.al. (2019). Jumping into the World of Virtual and Augmented Reality. Knowledge Quest. 47. No. 4 : 22-27.

Keshav et.al. (2018). Longitudinal Socio-Emotional Learning Intervention for Autism via Smartglasses: Qualitative School Teacher Descriptions of Practicality, Usability, and Efficacy in General and Special Education Classroom Settings. Education Sciences. 8. No 107 : 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i2.8138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: