Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Berbasis VOSviewer

Muntazhimah Muntazhimah, Fika Rahmah, Alya Khansa Syahidah, Devi Yuliana, Irliana Indah Amalia, Racheliana Ghani

Abstract


Siswa diharapkan memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengkaji penelitian mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika dan self-concept berbasis VOSviewer sampai saat ini. Metode penelitian ini didasarkan pada pencarian berdasarkan jurnal yang dikemabngka melalui analisis bibliometric data yang diekstraksi dari database Google Scholar dengan seperangkat kriteria penelitian untuk mengukur dan memenuhi syarat studi yang ditulis tentang masalah ini. Teknik pengumpulan data dengan cara penelusuran menggunakan Publish or Perish dengan kata kunci kemampuan komunikasi matematis dan self-concept dalam kurun waktu 0-2022. Analisis data menggunakan software VOSviewer dengan data yang didapatkan dari software Publish or Perish. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan 4 kata kunci yang terbagi dalam 2 cluster. Jumlah maksimum peneliti untuk setiap artikel sebanyak 26 dan jumlah minimum sebanyak 2. Hasilnya, dari 26 peneliti yang terdeteksi hanya ada 3 peneliti yang memiliki kriteria. Publikasi terbanyak terjadi pada tahun 2019 sebanyak 4 dalam Google Scholar.

Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis; Self-concept; VOSviewer.

References


Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, III(2), 83.

Ansari, B. I. (2015). Komunikasi matematik, strategi berpikir dan manajemen belajar. (PeNA).

Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(1), 10–17. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.92

Hartati, I., Ariyani, S., Haswati, H., Nafik, H. A., & Zulfa, D. Y. (2020). Analisa Bibliometrik Publikasi Ilmiah Bertema Biorefineri Biomassa Berlignoselulosa. Jurnal Inovasi Teknik Kimia, 5(1). https://doi.org/10.31942/inteka.v5i1.3401

Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2017). Kecemasan Matematika Siswa SMA Berdasarkan Gender. Journal of Madives, 1(2), 92–9.

Lestari, S. P., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning).

Murtafiah, W. (2017). Kemampuan komunikasi matematika mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah persamaan diferensial ditinjau dari gender. Jurnal Math Educator Nusantara, 2(1), 31–.

Nofrianto, A., Maryuni, N., & Amri, M. A. (2017). (2017). Komunikasi matematis siswa : pengaruh pendekatan matematika realistik. Jurnal Gantang, II(2), 113.

Nopiyani, D., Turmudi, & Prabawawanto, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnaal Mosharafa, 5(2), 45–5.

Noviarni. (2014). Perencanaan pembelajaran matematika dan aplikasinya : Menuju guru matematika yang kreatif dan inovatif . Benteng Media.

Permendikbud. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. In Internatinal Science . (Vol. 5, p.

Rahman, R. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self- concept Siswa. Tesis Sps UPI Bandung, 9(1).

Riswandi. (2013). PSIKOLOGI KOMUNIKAsi. graha ilmu.

Royani, Y., & Idhani, D. (2018). Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia 1. Marine Research in Indonesia, 25(4), 63–.

Sagala, S. (2015). Konsep dan Makna Pembelajaran (Issue April). Alfabeta.

Setiawati, A. (2014). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp melalui pembelajaran kontekstual. In Prosiding. Bandung: PPS STKIP Siliwangi., Volume 1 S.

Suswigi, Septiani, U., Farhan, M. S., Purnama, T. S. A., Monte, I., & Hidayat, W. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Journal On Education, 01(03).

Taqwa, M., & Sutrisno, A. B. (2019). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Jurnal Gantang, 4(2). https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1336

Thalhah, S. Z. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing pada Siswa ,. Kelas X-6 MAN PINRANG. Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 86 –.

Wijaya, H. P. I., Sujadi, I., & R. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa sesuai dengan gender dalam pemecahan masalah pada materi balok dan kubus (studi kasus pada siswa SMP kelas VIII SMP Islam Al Azhar 29 Semarang). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 778–.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i2.8171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: