Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Akuntansi Siswa SMA

Firman Aryansyah

Abstract


The teacher 's role as educator very important in implementation learning, how can the teacher not play a role dominant and monopolize implementation learning in class so that independence student in understand something theory learning will more optimal. Teacher too need adapt method teach student with condition current based technology so that students could study with atmosphere fun, enthusiastic, active, and creative so that capable increase understanding to the material being taught and reach competence specified basis. Learning media is one influencing factors fast or slow student in understand something theory lesson Method and strategy in learning have linkages and attachment with learning media, so that the teacher or educator need learn anything only related with determination of learning media to use reach effectiveness implementation learning specifically learning accountancy by because that need developed update learning media innovation Learning media needed is a medium that gives Theory easy complete understood participant educate more if the learning media could accessed where just and when course.Peran guru sebagai pendidik sangat penting dalam pelaksanan pembelajaran, bagaimana guru tidak berperan dominan dan memonopoli pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga kemandirian siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran akan lebih optimal. Guru juga perlu menyesuaikan cara membelajarkan siswa dengan kondisi kekinian yang berbasis teknologi agar siswa dapat belajar dengan suasana menyenangkan, antusias, aktif, dan kreatif sehingga mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diajarkan dan mencapai kompetensi dasar yang ditentukan. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya siswa dalam memahami suatu materi pelajaran Metode dan strategi dalam pembelajaran memiliki keterkaitan dan keterikatan dengan media pembelajaran, sehingga guru atau pendidik perlu mempelajari apa-apa saja yang berkaitan dengan penetapan media pembelajaran guna mencapai efektifitas pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran akuntansi oleh karena itu perlu dikembangkan pembaharuan inovasi media pembelajaran Media pembelajaran yang diperlukan adalah media yang memberikan materi lengkap yang mudah dipahami peserta didik terlebih jika media pembelajaran dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; Pemahaman Akuntansi

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad. (2015). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dinasti, G. E. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningjatkan Pemahaman Siswa SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Otoritas Jasa Keuangan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Rahmanto, M. &. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam , 119-135.

Salshabella, P. R. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Akuntansi. Economic Education and Entrepreneurship Journal , 35-41.

Sudarsana, I. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu.

Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Winkel. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa.

Yanto, D. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: