Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Berbagai Sifat pada Perubahan Fisika dan Kimia dengan Metode Eksperimen (PTK di Kelas VII-D SMP 4 Tasikmalaya)
Enok Herawati
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Metode Eksperimen dalam upaya meningkatkan menerapan konsep berbagai sifat pada perubahan fisika dan kimia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan yaitu perencanaan (planning), Pelaksanaan (Acting), Observasi (Observation), Refleksi(Reflecting) Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kepada siswa dan observasi guru,tes hasil belajar dan pengisian angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses belajar terjadi peningkatan rata –rata skor 45 pada pra siklus menjadi 44 pada siklus 1 atau meningkat 6 atau 9 % .Proses pembelajaran makin meningkat pada siklus 2 dengan peningkatan rata-rata skor menjadi 54 atau dengan kata lain meningkat 10 atau 17% .Penggunaan Metode Eksperimen juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siwwa dalam konsep berbaga1 sifat pada perubahan fisika dan kimia, peningkatan rata-rata skor dari 50 pada pra tindakan menjadi 66 pada siklus 1 atau dengan kata lain hasil belajar siswa meningkat 16 atau 16 % .Hasil belajar siswa dalam pembelajaran makin meningkat pada siklus 2 dengan peningkatan rata-rata menjadi 82 atau dengan kata lain meningkat 16 atau 16%.Demikian pula siswa merespon dengan baik penggunaan Metode Eksperimen.Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan proses pembelajaran melalui tindakan penggunaan Metode Eksperimen pada pertemuan dan siklus ke siklus menunjukkan kemajuan dan peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 50% meningkat sebesar 16% menjadi 73% pada siklus 2. Kata Kunci : Konsep berbagai sifat pada perubahan fisika dan kimia, Metode Eksperimen
References
Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenagkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Kemendiknas. (2006). Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Ditjen PMPTK
Sugeng. W. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Pusat Perbukuan Departemen Pendiddikan Nasional.
Sujana, N. (2007). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Yudistira, D. (2012). Menyusun Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas yang memenuhi Kriteria APIK. Ciamis: CV. Mulya Abadi.
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i1.918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: