PEMANFAATAN KEGIATAN WEBINAR DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DITINJAU DARI KARAKTERISTIK MEDIA ONLINE

Adrial Falahi, Julianto Hutasuhut

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana kegiatan pemanfaatan Webinar dengan melihat karakteristik yang dimiliki oleh media Online sebagai media pembelajaran secara umum yang dalam kegiatannya mampu mengembangkan kompetensi profesional dan pedagogik dosen khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini dilakukan pada Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan metode survey dengan perolehan data melalui pengisian kuisioner pada google form. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang dosen Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah dengan kriteria dosen yang telah tersertifikasi maupun yang belum tersertifikasi. Dalam penelitian deskriptif kuantitatif ini, data disajikan dalam bentuk kategori persentase terhadap jawaban pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor interactivity dari karakteristik media Online yang ditunjukkan dengan penguasaan fitur-fitur dari aplikasi webinar belum begitu banyak dimanfaatkan oleh para dosen, sebaliknya faktor independency yang diwujudkan dengan kesiapan mengikuti webinar dan proses pencarian materi tambahan serta kemampuaan dalam mengatasi solusi dalam webinar sudah sangat tinggi. Accessibility menjadi kendala utama dalam mengakses internet sedangkan faktor lainnya berupa enrichment atau kemampuan teknis dan ketersediaan perangkat komputer bukanlah menjadi masalah bagi para dosen.

Keywords


Efektifitas; Kemampuan dosen; Webinar

References


Adi, P., Gelar, G. R., & Masum, A. N. (2021). Indonesian Journal of Digital Business Pemanfaatan Webinar Sebagai Alternatif Digitalisasi Informasi dalam Seminar Kurikulum. Indonesian Journal of Digital Bsussiness, 1(1).

Ariati, N., & Syauqi, A. (2021). Pemanfaatan Media Online Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Masa Pademi Bagi Siswa Smp Negeri 4 Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(2), 83–89.http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/1826%0Ahttp://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/download/1826/1421

Falahi, A. (2021). Peran Webinar Dalam Peningkatan Komptensi Dosen di Era New Normal (Studi Pada Dosen UMN Al Washliyah). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 4(1), 1–6. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/708

Inzani, D. A., AR, S. A., Halisa, N., Fauzi, L. A., Rahmat, M., Syukur, M., Sofyan, M., & Najamuddin, F. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran. Journal Lepa-Lepa …, 1, 143–151. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/16867

Izza, S., Ningrum, B. S., & Hariyati, R. T. S. (2019). Pemanfaatan Webinar dalam Bidang Keperawatan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.37287/jppp.v1i1.14

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Nadziroh, F. (2017). Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/download/28/19/51

Peraturan Pemerintah. (2005). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf

Peraturan Pemerintah. (2007). Peraturan Mendiknas Nomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi.

Ridaul, I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online, Motivasi Belajar, Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Promosi, 8(75), 38–47. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0A

Silvianita, S., & Yulianto, E. (2020). Webinar Sebagai Kegiatan Peningkatan Kompetensi. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6356, 113–119.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar (1st ed.). Rajawali Pers.

Syafarudin. (2020). Disrupsi Pemerintahan dan Politik Era 4.0. https://www.unila.ac.id/disrupsi-pemerintahan-dan-politik-era-4-0/

Wibowo, B. R., Sudana, D., & Wirza, Y. (2020). Pemanfaatan Webinar Sebagai Media dalam Pembelajaran Kemampuan Berbicara untuk Pembelajar Dewasa di Indonesia The Utilization of Webinar as A Medium in Teaching Speaking Skill for Adult Learners in Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 417–431.

Wijaya, & Suwastika. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 558–562.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: