PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS.s MOTI VERBOND, TERNATE

Yusri A Boko, Fahmi Djaguna

Abstract


Problem pengelolaan sekolah saat ini karena banyak yang masih mengabaikan peran komite. Komite memiliki peran yang luar biasa dalam meningkatkan mutu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan peran Komite Madrasah Tsanawiyah swasta Moti Verbond, seperti advisory agency, supporting agency, controlling agency, dan mediator agency dalam meningkatkan mutu, 2) kendala dihadapi Komite Madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dilaksanakan pada Komite MTS.s Moti Verbond tanggal 10-16 Agustus 2022. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi dokumen. Pengujian keabsahan data ialah triangulasi, reduksi data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan mutu ada yang berjalan sudah baik, meskipun berjalan sesuai dengan kondisi, a) peran sebagai mediator (mediator agnecy) bisa dikatakan berjalan meskipun masih banyak kekurangan. Karena sampai saat ini mediasi komite tentang kekuaragan siswa belum menuai hasil, b) peran komite pemberi pertimbangan (advisory agency) telah berjalan dengan baik, di mana sekolah selalu memberikan saran dan masukan pada saat rapat penting, seperti kegiatan RKAS dan RIPS. Komite madrasah dalam menjalankan peran sebagai pemberi dukungan mutu masih sebatas memberikan motivasi, yakni kegiatan Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) tahun 2018 dan 2019 yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Manado, komite hanya memberi dukungan, c) peran komite sebagai pengontrol dalam amatan peneliti masih dalam hal yang belum begitu menyentuh langsung ke sekolah. Komite harus memiliki indikator sendiri dalam menilai mutu bukan sekedar memberi dorongan karena mutu merupakan hal yang dinamis. Kendalanya secara eksternal ialah tidak ada SDM maupun tidak adanya ADRT.

Keywords


Peran, Komite Madrasah, Peningkatan, Mutu, Di MTS.s Moti Verbond

References


Basri, Syamsurijal. 2021. “Optimalisasi Peran Komite Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri Jeneponto.” Administrasi, Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P) 2(1): 35–46.

Boko, Yusri A, and Saleh, Sufri. 2021. Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktik, Bandung, Manggu

Lilys Febriana. 2019. “Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendididikan Di MAN 1 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah 1(2): 163.

Nurhasanah, R, Bonita Bilqis, and Ausia Ariana Putri. 2021. “Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam 3(1): 22–32.

Permendikbud, Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management In Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Jogjakart. IRCiSoD

Sujdarwo. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: