MANAGEMENT CONFLICT DALAM PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI, DAN SOSIOLOGI

Ahmad Akbar, Raharjo Raharjo, Dadang Supriadi, Nandang Koswara, Wiwik Dyah Aryani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelesaikan konflik atau masalah dalam pendidikan dengan baik melalui manajemen konflik. Metode yang digunakan, yaitu filed research (studi lapangan), yaitu penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui manajemen konflik, manusia atau seorang pemimpin bisa menghadapi berbagai pertentangan atas perselisihan antara dirinya dengan orang lain atau bawahannya. Berangkat dari permasalan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen konflik dalam pendidikan ditunjau dari segi agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui filed research

Keywords


manajemen konflik; pendidikan; agama; filosafat; psikologi; sosiologi

References


Al-Quran. Surat. A.-Baqarah ayat 176

Ahmad Hasan N, Et.al. Manajemen Konflik Dan Cara Penanganan Konflik Dalam Organisasi Sekolah.Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 9, Nomor 1. 2021

Ashfaq Hussain Khan, Distance Learning Assignment: Principle of Management, EMBA Program, Vol. 01 No. 1052–215002 (2018).

Cepi Triatna, Perilaku Organisasi: Dalam Organisasi (Bandung, Rosdakarya,2015)

https://jabarekspres.com/berita/2017/01/23/indek-pendidikan-di-kab-bandung-masih-rendah

Indriyo Gitosudarmo, I Nyoman Sudita, Perilaku Keorganisasian, (Yokyakarta: BPFE, 2014).

Isa, Ahmed Adamu. „Conflicts in Organizations : Causes and Consequences‟. Journal of Educational Policy and Entrepreneurial Research 2, no. 11 (2016)

Eka Eriyant, et.al., Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 2. 2021

George. R.Terry. Prinsip – prinsip manajemen. Bumi Aksara. Jakarta. 2019

Maryam Kasim, Herson Anwar, liang Otaya, Manajemen Konflik Dalam Persepektif Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Al-Himayah. Vol. 3 No. 2 . 2019

Mahyni, Yudisan D, Manajemen Konlfik dam Tinjauan Al-Qur’an. Jurnal Almufida. Vol. II No. 1 2017

Rahayu Larasati dan Setya Raharja, Conflict management in improving schools’ effectiveness, Vol. 397 No. I .2020..

Qur’an dan Hadits. Vol 3 No. 2. (2019)

Sultoni et al., ‘One-Roof School Principal Excellence Leadership Development Model in Indonesia’, in Proceeding of the 2nd Early Childhood and Primary childhood Education.

Wahyuningrum, Peranan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Sekolah Di Era Otonomi Sekolah, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 2 (2008)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, cet. ke-15, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: