PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 2 B SDN 01 HALIM

Qoufivah Rizky M.K, Sulistyani Puteri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita bergambar digital yang menfokuskan untuk kemampuan membaca permulaan kelas 2 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode ADDIE yang memiliki 4 tahapan dari analisysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini dilakukan pada 32 siswa kelas 2b SDN Halim 01 yang dibagi menjadi kelompok kecil dan kelompok besar dalam tahap implemetasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti berupa uji validasi pakar, tes dan angket. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukan produk yang dihasilkan: 1) Media buku cerita bergambar digital untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan; 2) Kevalidan media komik ditunjukan dengan hasil uji ahli materi, bahasa dan media. Pada uji materi di peroleh skor 90% dan pada uji media mendapatkan skor 70 % dan pada uji ahli bahasa mendapatkan skor 80% dengan katagori layak ,3, hasil keefektifan media buku cerita bergambar digital kepada kemampuan membaca permulaan berdasarkan hasil pres-test dan post-test dan mendapatkan hasil data yang dikumpulkan peneliti dari hasil pres-test dan post-test menggunakan rumus N-GAIN peneliti mendapatkan nilai sebesar 70 % masuk dalam katagori cukup efektif dan G >0,7 yang masuk dalam katagori tinggi.

Keywords


Membaca permulaan; buku cerita bergambar; kemampuan

References


Archambault, J. (2008). “The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic problem Solving Techniques”. Action Research Required for the Master of Natural Science degree with concentration in physics. Arizona State University

Ilham, M &Wijiati, A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Kemampuan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). pengembangan media pembelajaran konsep & aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dan masyarakat (RIA (ed.)). KENCANA.

Nurjanah, E., & Hakim, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 72. ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644–3650. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1397

Eliya, M. (2021). Peningkatan keterempilan membaca menggunakan media buku cerita bergambar pada siswa kelas II. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 517–526.

Muamar. (2020). MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR (HILMIATI (ed.)). SANABIR.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 207. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267

Waini. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS III SDN 05 PRINGGAJURANG TAHUN PELAJARAN 2018 / 201. In epirints (Vol. 3).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: