PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK KERAJAAN MAJAPAHIT DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMK NEGERI 1 BEJI

Izzatul Fajriyah, Irwan Priyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik kerajaan majapahit sebagai media pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Beji dan mengetahui kelayakan komik tersebut dalam pembelajaran sejarah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisis, rancangan desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Ada tiga teknik pengumpulan data yang digunakan pada riset ini yaitu observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Data utama yang diperoleh pada riset ini memiliki jenis data kuantitatif sehingga teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif pada riset ini terbagi menjadi dua yaitu data validasi dan data uji coba. Data validasi berasal dari penilaian media oleh ahli materi, ahli media, dan guru sejarah. Data uji coba berasal dari penilaian media oleh siswa SMK Negeri 1 Beji. Data validasi dan data uji coba dihitung menggunakan teknik pencarian rata-rata (mean). Berdasarkan data akhir penelitian, ditunjukkan bahwa media pembelajaran komik kerajaan majapahit layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan hasil sebagai berikut: 1) komik kerajaan majapahit berpredikat “baik” dari penilaian ahli materi, 2) komik kerajaan majapahit berpredikat “baik” dari penilaian ahli media, 3) Komik kerajaan majapahit berpredikat “baik” dari penilaian guru sejarah, dan 4) komik kerajaan majapahit berpredikat “sangat baik” dari penilaian para siswa SMK Negeri 1 Beji.

Keywords


Pengembangan; Komik Kerajaan Majapahit; Media Pembelajaran

References


Gafur, Abdul. 2012. Desain Pembelajaran Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Iswandoyo, B., Musadad, A. A., & Sariyatun. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sejarah Berbasis Perjuangan Raden Intan untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Nasionalisme Siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Raya. 9–25.

Khotimah, K. (2018). Penggunaan Novel Sejarah sebagai Sumber Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 85–103. https://doi.org/10.21009/jps.072.05

Prasetyo, Y. (2017). Pendekatan Toponimi Dalam Penelusuran Sejarah Lokal Nama Kecamatan Sidoarjo. Jurnal Edukasi (Kajian Ilmu Pendidikan), 3(2), 165–174. https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/92/1/7.pdf

Rahadian, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 136. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8832

Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649

Suwarni. (2014). PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ( Studi kasus di SMA N 1 Prembun dan SMA N 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen ). Jurnal Edukasi, 1(1), 124–137.

Widja, I Gde. 1989. Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Widodo, J. P. (2015). Mengorganisasi Isi Pembelajaran Model Elaborasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA. In Journal iedukasi kajian ilmu pendidikan (Vol. 1, Issue 1). http://jurnal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/je/article/view/14

Wiwin. (2014). Pengaruh Lawatan Sejarah Terhadap Kesadaran Sejarah Pada Siswa. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 29–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: