Inkulturasi Budaya Jawa Pada Komunitas Pemuda Gereja Kristen Jawa (GKJ) Baki, Kabupaten Sukoharjo

Chandra Halim, Yoel Kurniawan Raharjo, Anindita Dewangga Puri

Abstract

Perkabaran injil atau misi kristen selain dilakukan oleh Zending juga dilakukan oleh orang-orang pribumi, salah satunya Kyai Sadrakh. Pada periode-periode berikutnya, jemaat asuhan Sadrakh kemudian menjadi Gereja Kristen Jawa. Corak Gereja Kristen Jawa terlihat dari inkulturasi budaya jawa dalam kegiatan-kegiatan gerejawi. Penelitian ini bertujuan untuk memotret dan menganalisis inkulturasi kebudayaan Jawa di GKJ Baki, Sukoharjo khususnya bagaimana pemuda memahami kebudayaan jawa di gereja tersebut. Metode yang digunakan riset kualitatif-studi kasus dengan pendekatan interpretatif. Sumber data diperoleh dari observasi langsung di lapangan, wawancara mendalam dengan Pendeta dan beberapa pemuda gereja, serta dokumentasi dari buku-buku dan jurnal-jurnal yang relevan. Hasil Penelitian ditemukan bahwa pemuda gereja yang tergabung dalam Komisi Pemuda dan Remaja mengenal dan memahami budaya jawa seperti seni musik jawa yang digunakan dalam liturgi gereja, seni pertunjukan seperti ketoprak kontemporer jawa yang menggunakan lakon alkitab. Selain itu pemuda diajarkan pranata sosial jawa tentang tradisi jawa di gereja, seperti menghormati orang yang lebih tua dan sebagainya.

Keywords

Sejarah Gereja; Kebudayaan Jawa; Pemuda; GKJ Baki

References

Creswell, J. W. (2018). Penelitian kualitatif dan desain riset.

Darini, R. (2012). Keroncong: Dulu dan Kini. Mozaik, 6(2), 19–31.

Gracia, Y. (2023, June 21). Wawancara dengan Yemima Gracia (Yemima) selaku Pemuda GKJ Baki Sukoharjo. [Personal communication].

Isyawara, D. N. (2023, June 21). Wawancara dengan Demuta Nira Isyawara (Demuta) selaku Pemuda GKJ Baki Sukoharjo. [Personal communication].

Jelitasiota, R. M. (2023, June 21). Wawancara dengan Riza Maningsih Jelitasiota (Icha) selaku Pemuda GKJ Baki Sukoharjo. [Personal communication].

Kus Sudyarsana, H. (1989). Ketoprak. Kanisius.

Kusno, Y. (2023, June 21). Wawancara dengan Pendeta Yatinem Kusno selaku Pendeta GKJ Baki Sukoharjo. [Personal communication].

Saptomo, S. (1996). Sejarah dan Perkembangan Ketoprak dalam Kehidupan Masyarakat Modern. Cakrawala Pendidikan, 83920.

Soekanto, S. (2001). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.

Sudargo, M. M. (2023, June 21). Wawancara dengan Matthew Mahatmaheswara Sudargo (Matthew) selaku Pemuda GKJ Baki Sukoharjo. [Personal communication].

Widyanto, J. W. (2023, June 21). Wawancara dengan Joshepine Wahyu Widyanto (Joseph) selaku Pemuda GKJ Baki Sukoharjo. [Personal communication].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.