Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Sejarah dan IPS di Sekolah Menengah Pertama Banjar Agung

Yusinta Tia Rusdiana, Apriana Apriana, Yuliarni Yuliarni

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang didorong oleh rasa ingin tahu penulis untuk menggali motivasi siswa melalui model pembelajaran Inkuiri. Analis data dalam penelitian tindakan ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan melalui 3 pertemuan, penelitian pembelajaran dilaksanakan, proses pembelajaran dilakukan dalam 3 pertemuan melalui siklus I, siklus II dan siklus III. (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri pada Siklus I belum berhasil. Setelah pertemuan siklus II ada siswa yang sudah mencapai KKM, ada pula yang belum, dan dengan melanjutkan ke semester III siswa sudah mencapai tingkat yang diinginkan. KKM.

Keywords

Motivasi Belajar; Model Pembelajaran Inkuiri; Sejarah dan IPS

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=217760

Margono, S. (2005). Metodologi penelitian pendidikan. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=635125

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Diambil dari https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=384

Sanjaya, W. (2020). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Diambil dari https://prenadamedia.com/product/strategi-pembelajaran-berorientasi-standar-proses-pendidikan/

Sari, K. P. A. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas). Universitas Sebelas Maret.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Diambil dari https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22622

Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengaturan manajemen. Manajemen dan Keuangan, 5(1), 243.

Tiyas, R. (2016). Peningkatan Rasaingin Tahu dan Prestasi Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know di Kelas IV SD Negeri 1 Klapasawit (Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Diambil dari https://repository.ump.ac.id/5316/

Zulfahmi M. (2016). Strategi Pembelajaran Inkuiri. Diambil dari Ajoefahmi website: http://www.ajoefahmi.com/2016/04/strategi-pembelajaran-inkuiri.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.