Analisis Desain Edukasi di Museum De Javasche Bank Surabaya

Nuryuda Irdana, Rina Widiastuti

Abstract

Desain edukasi museum berperan penting dalam memaksimalkan fungsi museum sebagai sarana pembelajaran sekaligus pelestarian budaya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi desain edukasi Museum De Javasche Bank Surabaya secara komprehensif melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode induktif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung pada ruang koleksi, yaitu Ruang Koleksi Uang, Ruang Koleksi Hasil Konservasi, Ruang Pusaka Budaya, dan Ruang Kasir Tempoe Doeloe. Proses dokumentasi dilakukan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan foto, kemudian dianalisis berdasarkan rujukan literatur berupa buku, artikel, jurnal, serta buku pedoman pengelolaan museum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain edukasi yang diterapkan telah memenuhi konsep edukasi imersif, interaktif, partisipatif, dan kolaboratif dengan dukungan elemen eksebisi, teknologi, media, aktivitas, dan ruang. Temuan penelitian memberikan implikasi teoretis maupun praktis untuk pengembangan pengelolaan Museum De Javasche Bank serta menjadi landasan bagi penelitian lanjutan terkait strategi kuratorial dan pengalaman belajar pengunjung.

Keywords

Wisata Edukasi; Edukasi Perbankan; Desain Edukasi; Elemen Edukasi; Museum De Javasche Bank

References

Anugrah, D. (2022). Museum Sebagai Sumber Belajar. https://www.beritamagelang.id/kolom/museum-sebagai-sumber-belajar

Armiyati, L. dan Firdaus, D.W. (2020). Belajar Sejarah Di Museum: Optimalisasi Layanan Edukasi Berbasis Pendekatan Partisipator. Jurnal Artefak. Vol. 7 No.2 (2020). 81-89

Aliyah, H. (2025, Februari 23). Museum, Sebagai Destinasi Wisata Edukasi yang Menyenangkan. https://www.rri.co.id/wisata/1343809/museum-sebagai-destinasi-wisata-edukasi-yang-menyenangkan

Asosiasi Museum Indonesia. (2025). Daftar Museum Seluruh Indonesia. https://asosiasimuseumindonesia.org/anggota.html

Budiyanto, A. (2023). Belajar Integritas dari Syafruddin Prawiranegara Menteri Keuangan Ke 2 Republik Indnesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-manado/baca-artikel/16540/Belajar-Integritas-dari-Syafruddin-Prawiranegara-Menteri-Keuangan-Ke-2-Republik-Indnesia.html

Chatulistiwa, D., Santoso, G., Mustika, N., Khairunnisa, S. (2024). Peran Museum Pendidikan Nasional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Transformatif. Vol. 3 No. 2 (2024): Maret 2024. 122 - 131

Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Pedoman Museum Indonesia. Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Dirgantara, S. (2021). Desain Ikon Bangunan Bersejarah Surabaya. Jurnal Titik Imaji. Vol 4 No. 2 (2021): Oktober 2021. 110 - 115

Irawan, H., Santosa, Y.B.P., dan Hidayat, A. (2022). Museum Gedung Pegadaian Sukabumi Sebagai Sarana Wisata Edukasi Sejarah. Jurnal Artefak. Vol. 9 No.2 (2022). 103-112.

Irdana, N. (2025). Memahami Desain Edukasi di Museum de Javasche Bank Surabaya. https://dbsmb.sv.ugm.ac.id/memahami-desain-edukasi-di-museum-de-javasche-bank-surabaya/

Irdana, N & Kumarawarman, S. (2018). Konsep Penataan Koleksi Museum untuk Mempermudah Pemahaman Wisatawan dalam Wisata Edukasi Arsip dan Koleksi Perbankan di Museum Bank Mandiri Jakarta. Diplomatika: Jurnal Kerasipan Terapan, 1(2), 132-147.

Lestariningsih, S., Nirawati, M.A., & Hardiana, A. (2024). Konsep Penyajian dan Penataan Koleksi Pada Museum Sejarah Kota Salatiga. Senthong, 3(1), 92-103.

Lyandra, N. (2025). Tantangan Transformasi Museum Era Kekinian. https://kbr.id/articles/ragam/tantangan-transformasi-museum-era-kekinian

Ma’as, A. (2022, September 19). 5 Peran Penting Museum sebagai Destinasi Wisata Edukasi, Salah Satunya Sumber Inspirasi. https://kids.grid.id/read/473481728/5-peran-penting-museum-sebagai-destinasi-wisata-edukasi-salah-satunya-sumber-inspirasi?page=all

Mahmudi, Ali. (2006). Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Seminar Nasional MIPA 2006. Yogyakarta: Fakultas MIPA UNY.

Marina, A.T. (2025). Menguak Lapisan Kebudayaan di Balik Arsitektur De Javasche Bank Museum Surabaya. https://ikom.fisipol.unesa.ac.id/post/menguak-lapisan-kebudayaan-di-balik-arsitektur-de-javasche-bank-museum-surabaya

Nappi, M.L., Buono, M., Chivaran, C., & Giusto, R.M. (2024). Models and tools for the digital organisation of knowledge: accessible and adaptive narratives for cultural heritage. Heritage Science, 12(1), 1-22. https://doi.org/10.1186/s40494-024-01219-z

Ningrum, S.P., dan Rahmatin, L.S. (2023). Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Museum De Javasche Bank Surabaya Untuk Membangun Citra Positif. Jurnal Mata Pariwisata. Vol 2 No.2 (2023): September 2023. 48 - 52

Oktala, D. (2025). Tata Kelola Penyajian Koleksi: Studi Kasus Ruang Pamer Wahana Interaktif Museum Sonobudoyo. [Unpublished Thesis]. Universitas Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Oktaviani, E.B., Yusra, Y.A., dan Wulandari, L.D. (2024). Integration of Historical Element Character in De Javasche Bank Museum Surabaya with Figma Application. Proceedings of the 2023 Brawijaya International Conference (BIC 2023). https://doi.org/10.2991/978-94-6463-525-6_49

Pratama, S.S., Sari, V,N., Azzah, N.Z., dan Romadhon, M.I. (2025). Analisis Komparatif Atraksi Wisata Budaya Dan Sejarah: Studi Kasus Museum De Javasche Bank, Monumen Kapal Selam, Dan Pabrik Gula Pasuruan. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol 5 No. 4 (2025). 319 – 328.

Ratumbuisang, K.F., Hariyanti, U., Saputro, G.E., & Abdilah, Y.A. (2024). Application of collaborative storytelling with virtual museum: Modeling the relationship among pre-service teachers’ collaboration and technology acceptance. Education and Information Technologies, 29(16), 21943-21963. https:// 10.1007/s10639-024-12729-5

Safi, J. dan Bau, S.O. (2021). PEMANFAATAN MUSEUM REMPAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Artefak. Vol. 8 No.1 (2021). 11-18.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syaputri, D.D., dan Riyanti, M.T. (2023). Analisis Visual Video Mapping pada Ruang Imersif di Museum Nasional Indonesia. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2023.

Tresyanto, C.A., dan Joseph, D. (2021). Strategy of Tourist Events Museum De Javasche Bank Surabaya. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). Vol 4 No 3 (2021): Agustus 2021. 6091 – 6099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.