DINAMIKA HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA-AUSTRALIA TAHUN 1945-1995

Yeni Wijayanti

Abstract


Sepanjang sejarah, perjalanan hubungan antara Indonesia-Australia mengalami fluktuasi. Hubungan dimulai dengan keharmonisan pada saat Indonesia merdeka. Australia berperan dalam membantu baik secara moril maupun materil terhadap perjuangan Indonesia memperoleh pengakuan kedaulatan. Namun selanjutnya hubungan antara Indonesia dan Australia hampir selalu bergejolak. Faktor penyebab pasang naik dan surutnya hubungan Indonesia-Australia adalah perbedaan dalam hal pelaksanaan demokrasi dan budaya politik, kebijakan politik luar negeri, adanya kekhawatiran dan persepsi ancaman keamanan, dan kurang kokohnya hubungan ekonomi kedua negara.

Kata Kunci: Dinamika, Hubungan Bilateral

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Chauvel, Richard H. 1992. Budaya dan Politik Australia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hardjono, Ratih. 1992. Suku Putihnya Australia: Perjalanan Australia Mencari Jati Dirinya. Jakarta: Gramedia

Nusa Bhakti, Ikrar. Dkk. 1997. Persetujuan Pemeliharaan Keamanan Republ;ik Indonesia-Australia, Kaitannya dengan Stabilitas Keamanan Regional Asia Tenggara: Suatu Tinjauan Starategis Politis. Jakarta: Puslitbangpolwil LIPI dan Balitang Deplu.

Siboro, Julius. 2012. Sejarah Australia: Dari Terbentuknya Commonwealth of Australia sampai dengan Terbentuknya Kerja Sama Regional dengan Negara-Negara Asia dan Pasifik. Yogyakarta: Penerbit Ombak.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ja.v3i1.1109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Terakreditasi Peringkat 4 based on Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. SK : 23/E/KPT/2019 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah periode 4 tahun 2019