PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN KESADARAN SEJARAH

Warsini Warsini

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning (PBL) dengan menggunakan media film dokumenter  sejarah sesuai dengan materi pembelajaran , 2) untuk meningkatkan prestasi belajar dan kesadaran sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 4 sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan partisipasi antara guru dan observer (pengamat). Penelitian dilaksanakan di kelas XII IPS-3. Dalam kegiatan proses belajar mengajar meluputi kegiatan guru, kreativitas dan aktivitas siswa serta hasil belajar. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pengamatan kegiatan pembelajaran, informan (guru, siswa, kepala sekolah), dokumen dan foto kegiatan pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahapan, planning, acting, observing dan treflecting. Untuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Sejarah di SMA Negeri 4 Sidoarjo adalah 80, dengan prosentase ketuntasan klasikal adalah 75%. Sedangkan prosentase ketuntasan klasikal minimal untuk sikap kesadaran sejarah 80%. Setelah diberi tindakan selama tiga siklus hasil penelitian meninjukkan adanya peningkatan yang dicapai siswa baik dalam hasil belajar maupun dalam sikap dan kesadaran sejarah. Hasil belajar yang dicapai siswa pada pra siklus dengan rata-rata 61,29, pada siklus I meningkat menjadi 68,08, pada siklus II meningkat menjadi 80,80 dan siklus III rata-rata yang dicapai adalah 85,80 dengan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 19,35% siklus II meningkat 67,75% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,87% sedangkan untuk kesadaran sejarah pada prasiklus rata-rata 64,67 (Rendah), pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 76,61 (Sedang), pada siklus II meningkat lagi 107,96 (Sedang) dan pada siklus III menjadi 110,58 (Tinggi)Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Sejarah, Kesadaran Sejarah

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Alfiyan, Magdalia, 2007, Pendidikan sejarah dan Masalah yang Dihadapi, Seminar Nasional Ikatan Himpinan Mahasiswa Sejarah Se Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Semarang 16 april 2007

Anggara Boyi, 2007, Pembelajaran Sejarah yang Berorientasi Pada Masalah-Masalah Sosial Kontemporer, Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Semarang 16 April 2007

M Sobry Sutikno, 2013, Belajar dan Pembelajaran, Holistica, Lombok

Ngalimun, 2014, Strategi dan Model Pembelajaran, Aswaja Presindo, Yogyakarta

Sri Anitah, 2014, Media Pembelajaran. UNS Press, Surakarta

Suharsimi Arikunto, 2012, Penelitian Tidakan Kelas, Bumi Haksara, Jakarta

Syaiful Bahri Djamarah, 2002, StrategiBelajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta

Wina Sanjaya, 2013, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.