Analisis Bibliometrik Tren Penggunaan Media Poster dalam Mata Pelajaran Sejarah (2015–2025)

Rikza Fauzan, Hilma Rosdiana, Rio Refki Maulana

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan media poster dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran sejarah melalui pendekatan bibliometrik. Penelitian ini mengkaji dan menganalisis 200 artikel hingga didapatkan 111 artikel relevan yang berhubungan dengan tren pemanfaatan poster dalam pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan berupa tinjauan pustaka sistematis menggunakan aplikasi Publish or Perish dan VOSviewer dengan sumber data dari Google Scholar. Dari 200 artikel periode 2015–2025, ditemukan tren peningkatan penelitian terutama saat pandemi COVID-19. Hasil analisis menjelaskan bahwa media poster tidak hanya berfungsi sebagai alat visual, tetapi juga mendorong kreativitas, berpikir kritis, dan literasi visual siswa. Integrasi teknologi digital seperti Canva serta konsep pembelajaran berbasis metaverse memperkaya metode pembelajaran sejarah. Temuan ini menegaskan pentingnya media poster sebagai strategi inovatif untuk mendukung pendidikan berbasis kreativitas di tingkat sekolah menengah. Studi ini juga merekomendasikan penelitian lanjutan terkait penggunaan teknologi imersif dalam pengembangan media pembelajaran sejarah.

Keywords

Media Poster; Kreativitas; Pembelajaran Sejarah; Bibliometrik; Inovasi Pendidikan

References

Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. (2022). Laporan Teknologi Pendidikan Masa Depan Indonesia. Balitbang Kemendikbud.

Csikszentmihalyi, M. (1999). Implications of a systems perspective for the study of creativity. In R. J. Sternberg (Ed.), Handbook of creativity (pp. 313–335). Cambridge University Press.

Elisa., Bedriati Ibrahim; Suroyo. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 5 SMA Negeri 15 Batam. Chronologia, 5 (1), http://dx.doi.org/10.22236/jhe.v5i1.1172 4.

Fahimnia, B., Sarkis, J., & Talluri, S. (2019). Editorial Design and Management of Sustainable and Resilient Supply Chains. IEEE Trans. Eng. Manag, 66, 2–7.

Hamdani, R., & Prihatini, F. (2024). Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pendidikan Tinggi: Analisis Bibliometrik Penelitian 2014-2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 129–144.

Hartanto, S., Wijaya, P., & Suherman, A. (2022). Efektivitas Media Poster Dalam Pembelajaran Terpadu: Studi Terhadap Pemahaman Konseptual dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 76–89.

Hasanah, U., Putri, A., & Santoso, D. (2023). Pengaruh Media Virtual Reality Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 45–58.

Heller, S, Vienne, V. (2013). Becoming a graphic and digital designer: A guide to careers in design. John Wiley & Sons.

Josef Müller-Brockmann. (2015). Josef Müller-Brockmann Pioneer of Swiss Graphic Design. Swiss: Lars Mueller Publishers

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kemendikbud RI.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Transformasi Digital Pendidikan Indonesia. Kemendikbudristek.

Nugroho, A., Pratiwi, S., & Hermawan, D. (2023). Tren Penelitian Teknologi Pendidikan 2013- 2022: Studi Bibliometrik Menggunakan VOSviewer. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 217–234.

Pratama, R., Santoso, H., & Widyaningrum, A. (2023). Pendekatan Bibliometrik Dalam Kajian Ilmu Informasi: Konsep, Metode, dan Aplikasi. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 45–63.

Rahman, M. (2023). Penerapan Poster Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Kontemporer: Pengembangan Literasi Visual Siswa SMA. Jurnal Didaktik Sejarah, 5(2), 103–118.

Runco, M.A.; Acar, S. (2012). Divergent thinking as an indicator of creative potential. Creativity Research Journal, 24 (1), 66–75. Doi: https://doi.org/10.1080/10400419.2012.652929

Sari, B. B. (2024). Perception of History Teachers of Independent Learning Curriculum at Man 2 Pekanbaru. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 76-80.

Supriyanto, A. (2020). Kolaborasi Penelitian Pendidikan di Indonesia: Studi Bibliometrik. Jurnal Pendidikan Nasional, 4(2), 65–74.

Suryadi, B. (2021). Psikologi Kreativitas: Teori dan Praktik (Edisi Kedua). Penerbit Salemba.

Suryana, E., & Maulida, H. (2024). Panduan Praktis Analisis Bibliometrik Menggunakan VOSviewer Untuk Penelitian Pendidikan. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 13(1), 54–72.

UNESCO. (2022). Reimagining Our Futures Together: A New Social Contract For Education. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Widiastuti, S. (2022). Poster Digital Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Inovasi Pendidikan Sejarah, 3(1), 22–30.

Wijaya, K., & Nurhasanah, L. (2024). Perancangan Poster Sejarah Indonesia Kontemporer: Upaya Peningkatan Pemahaman Kontekstual Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 9(1), 82–97.

Winarno, A. (2023). Media Pembelajaran Inovatif: Konsep dan Implementasi dalam Era Digital. Penerbit Pustaka Pelajar.

Zupic, I., & Cater, T. (2015). Bibliometric Methods in Management and Organization. Organizational Research Methods, 18(3), 429–472.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.