Analisis Bibliometrik Tren Penggunaan Media Poster dalam Mata Pelajaran Sejarah (2015–2025)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. (2022). Laporan Teknologi Pendidikan Masa Depan Indonesia. Balitbang Kemendikbud.
Csikszentmihalyi, M. (1999). Implications of a systems perspective for the study of creativity. In R. J. Sternberg (Ed.), Handbook of creativity (pp. 313–335). Cambridge University Press.
Elisa., Bedriati Ibrahim; Suroyo. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 5 SMA Negeri 15 Batam. Chronologia, 5 (1), http://dx.doi.org/10.22236/jhe.v5i1.1172 4.
Fahimnia, B., Sarkis, J., & Talluri, S. (2019). Editorial Design and Management of Sustainable and Resilient Supply Chains. IEEE Trans. Eng. Manag, 66, 2–7.
Hamdani, R., & Prihatini, F. (2024). Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pendidikan Tinggi: Analisis Bibliometrik Penelitian 2014-2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 129–144.
Hartanto, S., Wijaya, P., & Suherman, A. (2022). Efektivitas Media Poster Dalam Pembelajaran Terpadu: Studi Terhadap Pemahaman Konseptual dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 76–89.
Hasanah, U., Putri, A., & Santoso, D. (2023). Pengaruh Media Virtual Reality Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 45–58.
Heller, S, Vienne, V. (2013). Becoming a graphic and digital designer: A guide to careers in design. John Wiley & Sons.
Josef Müller-Brockmann. (2015). Josef Müller-Brockmann Pioneer of Swiss Graphic Design. Swiss: Lars Mueller Publishers
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kemendikbud RI.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Transformasi Digital Pendidikan Indonesia. Kemendikbudristek.
Nugroho, A., Pratiwi, S., & Hermawan, D. (2023). Tren Penelitian Teknologi Pendidikan 2013- 2022: Studi Bibliometrik Menggunakan VOSviewer. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 217–234.
Pratama, R., Santoso, H., & Widyaningrum, A. (2023). Pendekatan Bibliometrik Dalam Kajian Ilmu Informasi: Konsep, Metode, dan Aplikasi. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 45–63.
Rahman, M. (2023). Penerapan Poster Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Kontemporer: Pengembangan Literasi Visual Siswa SMA. Jurnal Didaktik Sejarah, 5(2), 103–118.
Runco, M.A.; Acar, S. (2012). Divergent thinking as an indicator of creative potential. Creativity Research Journal, 24 (1), 66–75. Doi: https://doi.org/10.1080/10400419.2012.652929
Sari, B. B. (2024). Perception of History Teachers of Independent Learning Curriculum at Man 2 Pekanbaru. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 76-80.
Supriyanto, A. (2020). Kolaborasi Penelitian Pendidikan di Indonesia: Studi Bibliometrik. Jurnal Pendidikan Nasional, 4(2), 65–74.
Suryadi, B. (2021). Psikologi Kreativitas: Teori dan Praktik (Edisi Kedua). Penerbit Salemba.
Suryana, E., & Maulida, H. (2024). Panduan Praktis Analisis Bibliometrik Menggunakan VOSviewer Untuk Penelitian Pendidikan. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 13(1), 54–72.
UNESCO. (2022). Reimagining Our Futures Together: A New Social Contract For Education. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Widiastuti, S. (2022). Poster Digital Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Inovasi Pendidikan Sejarah, 3(1), 22–30.
Wijaya, K., & Nurhasanah, L. (2024). Perancangan Poster Sejarah Indonesia Kontemporer: Upaya Peningkatan Pemahaman Kontekstual Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 9(1), 82–97.
Winarno, A. (2023). Media Pembelajaran Inovatif: Konsep dan Implementasi dalam Era Digital. Penerbit Pustaka Pelajar.
Zupic, I., & Cater, T. (2015). Bibliometric Methods in Management and Organization. Organizational Research Methods, 18(3), 429–472.
Refbacks
- There are currently no refbacks.