PERKEMBANGAN DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI ZAMAN KOLONIAL BELANDA DI INDONESIA ABAD 19-20

Zofrano Ibrahimsyah Magribi Sultani, Yasinta Putri Kristanti

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan agar dapat memahami berbagai macam pelaksanaan pendidikan zaman kolonial Belanda di Indonesia setelah Politik Etis diberlakukan. Pendidikan pada zaman kolonial Belanda memiliki banyak sekali sistem pengajaran dan pembelajaran yang dibangun Belanda berdasarkan kelompok sosial seperti sekolah untuk pribumi, Belanda/Eropa, dan Timur Asing. Politik yang dijalankan oleh Belanda yaitu Politik Etis merupakan ujung tombak terciptanya pendidikan-pendidikan modern di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kepustakaan. Hasil dari pendidikan zaman kolonial Belanda yaitu munculnya pembelajaran dengan pendidikan modern yang menumbuhkembangkan nasionalisme dan pengajaran berbasis soft skill dalam memenuhi kebutuhan tenaga terampil. Dengan demikian, perkembangan dan pelaksanaan pendidikan di zaman kolonial Belanda di Indonesia memiliki tujuan meningkatkan martabat bangsa dan mencerdaskan kehidupan bangsa.This article has the aim of understanding various types of education in the Dutch colonial era in Indonesia after the Ethical Policy was put in place. Education in the Dutch colonial era had many teaching and learning systems built by the Netherlands based on social groups such as schools for pribumi (natives peoples), Dutch/European, and Foreign East. The politics that is run by the Dutch, namely Ethical Politics is the spearhead of the creation of modern education in Indonesia. The research method used is library research methods. The result of Dutch colonial education is the emergence of learning with modern education that fosters nationalism and soft skill-based teaching in meeting the needs of skilled workers. Thus, the development and implementation of education in the Dutch colonial era in Indonesia had the aim of enhancing the nation's dignity and educating the nation's life.

Keywords

pendidikan; zaman kolonial Belanda; sekolah

References

Brugmans, I.J. 1938. Geschiedenis van het onderwijs in Nederlandsch-Indië. Groningen: Wolters.

Frankema, Ewout H.P. 2014. Why was the Dutch legacy so poor? Educational Development in the Netherlands Indies, 1871-1942. CGEH Working Paper Series No. 54. Utrecht, Netherlands: Centre for Global Eco-nomic History Universiteit Utrecht.

Furnivall, John Sydenham. 1943. Educational Progress in Southeast Asia. New York: Institute of Pacific Relations.

Furnivall, John Sydenham. 1944. Netherlands Indies: A Study of Plural Economy. Cambridge: Cambridge University Press.

Gunawan, Ary H. 1985. Kebijakan-Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Geschiere, P.L. 1973. The Education Issue in the Dutch East Indies in the Twen-tieth Century Opinions on the Ques-tion of “Western Education” versus “National Education” in W. Brulez, A.C.F. Koch, E.H. Kossman, F.C. Spits, Joh. de Vries, P. L. Geschiere, Alice. C. Carter, & J. Dhondt. 1973. Acta Historiae Neerlandicae/Studies on the History of the Netherlands VI (pp. 146-174). The Hague, Nether-lands: Martinus Nijhoff.

Jusuf, Iskandar. 2012. Dari Tiong Hoa Hwe Koan 1900 sampai Sekolah Terpadu Pahoa 2008. Tangerang Selatan: Sekolah Terpadu Pahoa.

Kartodirdjo, Sartono. 2014b. Pengantar Sejarah Indonesia Baru 1900-1942: Sejarah Pergerakan Nasional dari Kolonialisme sampai Nasionalisme. Jilid 2. Yogyakarta: Ombak.

Kartono, Kartini. 1997. Tujuan Pendidikan Holistik Mengenai Tujuan Pendi-dikan Nasional. Jakarta: Pradnya Paramita.

Moehadi dkk. 1997. Sejarah Pendidikan Daerah Jawa Tengah. Jakarta: Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Pusat Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Direktorat Jenderal Kebudayaan

Nasution, S. 2008. Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Prayudi, Gusti Muhammad & Dewi Salindri. 2015. Pendidikan pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda dii Surabaya Tahun 1901-1942. Publika Budaya, 1 (3) (Maret 2015): 20-34.

Penders, Christiaan Lambert Maria. 1968. Colonial Education Policy and Practice in Indonesia: 1900-1942. Thesis Ph.D. unpublished. Canberra: Department of Pacific History, The Australian National University.

Rifa’i, Muhammad. 2011. Sejarah Pen-didikan Nasional Dari Masa Klasik hingga Modern. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Salim, Agus dkk. 2007. Indonesia Belajarlah!. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sukardjo & Ukim Komarudin. 2009. Landa-san Kependidikan Konsep dan Apli-kasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sumarno, R.N. Bayu Aji, & Eko Satriya Hermawan. 2019. Ethical Politics and Educated Elites In Indonesian National Movement. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol. 383: 369-373.

Suratminto, Lilie. 2013. Educational Policy in The Colonial Era. Historia: Interna-tional Journal of History Education, Vol. XIV, No. 1 (June 2013): 77-84.

Suryadinata, Leo. 1972. Indonesian Chinese Education: Past and Present. Indonesia, Vol. 14 No. 10 (1972), pp. 49-71. Ithaca, New York, USA: Cornell University Press.

Sutimin, Leo Agung & T. Suparman. 2012. Sejarah Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Zainu'ddin, Ailsa. 1970. Education in the Netherlands East Indies and the Republic of Indonesia. Melbourne Studies in Education, 12 (1) (January 1970): pp. 17-82.

Zed, Mestika. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.